Pesawat Karavan PK-SNP Smart Aviavion tergelincir di Bandara Yuvai Semaring Krayan, Begini Kondisinya

- 28 September 2021, 08:06 WIB
Pesawat jenis Karavan PK-SNP tergelincir di Bandara Yuvai Semaring Krayan, Nunukan, Kalimantan Utara.
Pesawat jenis Karavan PK-SNP tergelincir di Bandara Yuvai Semaring Krayan, Nunukan, Kalimantan Utara. /Istimewa/

Zona Kaltara - Kecelakaan menimpa  pesawat jenis Karavan PK-SNP Smart Aviavion di Bandara Yuvai Semaring Krayan, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara, Senin, 27 September 2021 pukul 13.23 WITA.

Pesawat yang mengangkut 1.200 liter bahan bakar minyak (BBM) jenis solar tersebut, mengalami kecelakaan setelah tergelincir saat mendarat hingga keluar dari landasan pacu.

Pesawat yang di bawa pilot Agung, dan co-pilot Billy membawa BBM jenis solar milik PLN untuk pembangkit listrik bagi kebutuhan masyarakat Krayan yang wilayahnya barada di perbatasan Kalimantan Utara dan negara tetangga Malaysia.

Sebelum kejadian pilot pesawat melaporkan situasi normal sesaat akan melakukan pendaratan di Bandara Yuvai Semeriang Krayan. 

Baca Juga: UPDATE Covid-19 Di Tarakan, 27 September 2021 Bertambah Pasien Sembuh 6 Orang

Saat itu pilot melaporkan kondisi kecepatan angin dalam kondisi normal kisaran 8 knot. Setelah itu, pilot pun meminta izin petugas Airnav Bandara untuk melanjutkan pendaratan pesawat. 

Ketika akan mendarat, posisi roda pesawat diketahui berada di posisi normal. Namun sesaat roda pesawat menyentuh landasan pacu mendadak pesawat tergelincir hingga 1 kilometer dari Avron bandara, seperti dikutip zonakaltara.com dari rilis Dandim 0911 Nunukan, 28 September 2021.

Baca Juga: Tempat Hiburan Malam Masih Ada yang Langgar Prokes, Kepala Satpol PP : Kami Tegur Pengelolanya

Dugaan sementara kecelakaan pesawat tersebut dipicu oleh fungsi pengereman roda pesawat yang kurang maksimal.

Halaman:

Editor: Hendi Rustandi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah