Pertumbuhan Ekonomi di Kalimantan Utara Bisa Bergeser dari Pertambangan, BI Kaltara Ungkap Hal ini

- 25 Mei 2024, 10:04 WIB
Pertumbuhan Ekonomi di Kalimantan Utara Bisa Bergeser dari Pertambangan, BI Kaltara Ungkap Hal ini.
Pertumbuhan Ekonomi di Kalimantan Utara Bisa Bergeser dari Pertambangan, BI Kaltara Ungkap Hal ini. /Zona Kaltara/Hendi Rustandi /

Zona Kaltara - Pertumbuhan perekonomian (PDRB) Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) pada triwulan I 2024 tercatat sebesar 4,78%(yoy), lebih tinggi dari pertumbuhan pada triwulan sebelumnya.

Berdasarkan sektor lapangan usaha, sumber pertumbuhan perekonomian Provinsi Kaltara sebagian besar berasal dari oleh sektor pertambangan (29,52%), diikuti oleh sektor pertanian (15,21%) dan Perdagangan (12,50%).

Sedangkan dari sisi permintaan, pertumbuhan ekonomi Kaltara di dukung oleh net ekspor (51,07%), PMTB/Investasi (28,97%) dan konsumsi rumah tangga (14,46%).

“Pertumbuhan pada triwulan I pada laporan didorong oleh pembangunan proyek strategis yang masif di Kaltara seperti keberadaan KIHI, PLTA Kayan Mentarang dan PT. Phoenix Resources International. Serta rangkaian momen HBKN Keagamaan yang mendorong konsumsi masyarakat,” kata Deputi Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Provinsi Kaltara, Seno Indarto, pada acara Capacity Building Wartawan di Bali, Selasa, 21 Mei 2024.

Baca Juga: TERKENDALI! Inflasi Provinsi Kalimantan Utara Masih Dibawah Nasional, KPwBI Kaltara Jelaskan Hal ini

Seno menambahkan, pertumbuhan ekonomi di Kaltara yang biasa disumbang dari sektor pertambangan, kedepan diperkirakan akan bergeser dengan keberadaan industri besar seperti KIHI, PLTA dan PT Phoenix.

“Sehingga itu membutuhkan SDM (Sumber Daya Manusia) yang handal untuk mendukung pengoperasian mesin yang high tech. Itu yang menjadi salah satu alasan sumber penyumbang pertumbuhan ekonomi di Kaltara kedepan akan bergeser, kita lihatnya disitu kehadiran 3 industri besar di Kaltara,” ujarnya.

Mendukung hal itu, BI ditambahkan Seno, akan terus berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi dan Kabupaten serta Kota di Kaltara.

Baca Juga: Bank Indonesia Provinsi Kaltara Gelar Capacity Building Wartawan di Bali

Halaman:

Editor: Hendi Rustandi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah