9.370 Peronil TNI - Polri Siap Amankan PON XX Papua, Presiden Jokowi Hadiri Pembukaan

- 2 Oktober 2021, 12:43 WIB
Apel gabungan TNI - Polri pengamanan PON XX Papua.
Apel gabungan TNI - Polri pengamanan PON XX Papua. /PMJ News/

Zona Kaltara - Pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua yang akan di langsungkan di Stadion Lukas Enembe, Jayapura,  Sabtu, 2 Oktober 2021 malam nanti,  akan dihadiri dan di buka Presiden Joko Widodo.

Ribuan personil gabungan dari unsur TNI dan Polri dikerahkan untuk pengamanan selama penyelenggaraan PON Termasuk Opening Ceremony.

Pengamanan tersebut sekaligus sebagai  upaya mengantisipasi kemungkinan adanya gangguan dari Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) selama ajang multievent nasional ini berlangsung.

"Kami menggelar operasi Deraku Cartenz untuk pengamanan penyelenggaraan PON XX Papua dengan melibatkan 9.370 personil untuk mengamankan 4 klaster penyelenggaraan PON, baik di Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Mimika dan Timika serta Kabupaten Merauke," kata Asops Kapolri, Irjen Pol Imam Sugianto seperti dilansir zonakaltara.com dari PMJ News, Sabtu 2 Oktober 2021.

Baca Juga: Jelang Pembukaan PON XX Papua, ini Dua Bangunan Bersejarah dan Rangkaian Acaranya

Lanjut, Imam menjelaskan, selain mengamankan penyelenggaraan dan venue PON XX, aparat gabungan TNI dan Polri juga turut melakukan pengamanan melekat terhadap seluruh atlet dan kontingen dari 33 provinsi yang ikut serta dalam gelaran tersebut.

"Untuk kontingen dari 33 provinsi kami juga menyertakan aparat TNI - Polri dipimpin Kombes dari Polda masing-masing untuk mengamankan personal kontingen atau pengamanan melekat pada atlet," jelasnya.

Baca Juga: Tiga Atlet Legendaris termasuk Peraih Emas Olimpiade Taufik Hidayat Bawa Api PON XX Papua, Berikut Rutenya

"Ada 600-an atau jika ditotal secara keseluruhan hampir 10 ribu personil khusus untuk pengamanan PON," ucap Imam lagi.

Halaman:

Editor: Hendi Rustandi

Sumber: PMJ News


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah