Pemerintah Siap Pindahkan 6.000 ASN untuk Ibu Kota Nusantara

- 29 Februari 2024, 20:58 WIB
Pemerintah Siap Pindahkan 6.000 ASN untuk Ibu Kota Nusantara
Pemerintah Siap Pindahkan 6.000 ASN untuk Ibu Kota Nusantara /

Zona Kaltara - Pemerintah ternyata telah menyiapkan 6.000 aparatur sipil negara (ASN) untuk dipindahkan ke Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur.

Pemindahan 6.000 ASN ke IKN tersebut disampaikan langsung oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Abdullah Azwar Anas.

Disampaikan Abdullah Azwar Anas, bahwa total 6.000 ASN yang bakal hijrah ke IKN itu meliputi PNS lintas kementerian/lembaga, TNI/Polri, hingga pejabat pemerintahan yang berstatus eselon I.

Baca Juga: Angka Pengangguran Berhasil Diturunkan, Pengamat Sebut Bupati Kendal Dico Layak Jadi Gubernur Jateng

"Dari total kurang lebih 9 ribu, yang siap kurang lebih 6 ribuan. Nah ini sedang kita siapkan, itu berbagi dengan TNI/Polri, dan kita sudah siapkan kita address eselon 1 siapa di kementerian, eselon 2 siapa sudah jelas. Nanti disesuaikan," terangnya.

Proses pemindahan PNS ke IKN tahap pertama ini akan terjadi pada Juli 2024, sebelum upacara peringatan HUT RI ke-79 digelar pada 17 Agustus 2024.

Sedangkan proses pemindahan gelombang berikutnya akan dilakukan pada September 2024. Lantaran jumlah tempat tinggal atau Rusun ASN yang tersedia sudah terisi untuk para abdi negara yang pindah per Juli nanti.

Baca Juga: Jaehyun NCT dan Lee Chae Min Dikabarkan akan Beradu Akting dalam Drama Terbaru ‘I Trust You’

"Kemudian atas arahan dari Mensesneg yang terbaru, koordinasi dengan Kemenpan RB Insya Allah nanti sebelum Oktober. Kira-kira September, karena di Agustus nanti masih akan digunakan untuk upacara. Sehingga sebagian apartemen tersedia untuk keperluan Agustus," jelasnya.

Halaman:

Editor: Akbar Adi Prasetyo


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah